Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan text Yogyakarta Ar-Ruzz Media 2016 Cetakan 2 INA 248 hlm. ; ; 24 cm Pendidikan adalah tindakan khas manusia. Artinya, pendidikan berlangsung dari, oleh, dan untuk manusia. Maka dari itu, konsep tentang pendidikan akan selalu berhubungan dengan harkat dan martabat menjadi seorang manusia. Beragam teori tambal dan sulam, kritik dan rekomendasi, debat dan sanggahan akhirnya akan bermuara pada cara bagaimana yang paling efektif, efisien, mulia, benar, untuk memanusiakan manusia. Oleh karena itu, konsep tentang pendidikan mencakup ranah yang sangat luas. Di samping sebagai ilmu yang dipelajari di beragai sekolah dan universitas, pendidikan juga menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Bahkan, dalam maknanya secara luas, pendidikan meliputi seluruh peristiwa pendidikan dari yang dirancang secara terprogram hingga yang berlangsung secara alami. Buku pengantar yang komprehensif untuk memahami konsep tetang pendidikan ini memuat pelbagai bahasan, antara lain: - Sifat danhakikat manusia dari berbagai perspektif para ahli - Tujuan dan fungsi pendidikan - Pendidikan sebagai sistem, subsistem, dan suprasiswa - Komponen-komponen penting pendidikan - Konsep dan karakteristik pendidikan formal, informal, dan nonformal - Aliran-aliran filsafat pendidikan - Konsep, karakteristik, dan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup - Karakteristik, unsur, dan sistem pendidikan pesantren dan taman siswa - Kontribusi sekolah bagi masyarakat, dan kontribusi masyarakat bagi sekolah - Peran pendidikan dalam pengembangan modal manusia. Rulam Ahmadi ASAS DAN FILSAFAT 370.1 370.1 AHM p 978-602-7874-84-8 20190912091756 INLIS000000000005551 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)