02097 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056100001800097245007300115250001400188300002400202020002200226082001000248084001600258260003900274520147400313650002201787850001201809990002301821990002301844INLIS00000000000555120190912091756 a0010-0919000112 INA  aAHMADI, Rulam aPengantar Pendidikan :bAsas dan Filsafat Pendidikan /cRulam Ahmadi aCetakan 2 a248 hlm. ; ;c24 cm a978-602-7874-84-8 a370.1 a370.1 AHM p aYogyakarta :bAr-Ruzz Media,c20163 aPendidikan adalah tindakan khas manusia. Artinya, pendidikan berlangsung dari, oleh, dan untuk manusia. Maka dari itu, konsep tentang pendidikan akan selalu berhubungan dengan harkat dan martabat menjadi seorang manusia. Beragam teori tambal dan sulam, kritik dan rekomendasi, debat dan sanggahan akhirnya akan bermuara pada cara bagaimana yang paling efektif, efisien, mulia, benar, untuk memanusiakan manusia. Oleh karena itu, konsep tentang pendidikan mencakup ranah yang sangat luas. Di samping sebagai ilmu yang dipelajari di beragai sekolah dan universitas, pendidikan juga menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Bahkan, dalam maknanya secara luas, pendidikan meliputi seluruh peristiwa pendidikan dari yang dirancang secara terprogram hingga yang berlangsung secara alami. Buku pengantar yang komprehensif untuk memahami konsep tetang pendidikan ini memuat pelbagai bahasan, antara lain: - Sifat danhakikat manusia dari berbagai perspektif para ahli - Tujuan dan fungsi pendidikan - Pendidikan sebagai sistem, subsistem, dan suprasiswa - Komponen-komponen penting pendidikan - Konsep dan karakteristik pendidikan formal, informal, dan nonformal - Aliran-aliran filsafat pendidikan - Konsep, karakteristik, dan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup - Karakteristik, unsur, dan sistem pendidikan pesantren dan taman siswa - Kontribusi sekolah bagi masyarakat, dan kontribusi masyarakat bagi sekolah - Peran pendidikan dalam pengembangan modal manusia. aASAS DAN FILSAFAT aJBPUBAN a1848/Disarpus/2019 a1849/Disarpus/2019